Berita Daerah

Buka Mukerwil V DPW WI Sulsel, Ketua Harian Tekankan Pentingnya Menjaga Amanah

Buka Mukerwil V DPW WI Sulsel, Ketua Harian Tekankan Pentingnya Menjaga Amanah

Makassar - Mukerwil V DPW WI Sulawesi Selatan berlangsung sehari di Aula DPP WI Antang Makassar, Rabu (01/01/2020). Acara yang dihadiri oleh pengurus DPW WI Sulsel dan ketua-ketua DPD WI se-Sulawesi Selatan dibuka secara resmi oleh Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman,  Lc., M.A.

Ustaz Rahmat memulai sambutannya dengan mengutip hadis Nabi shallallahu alaihi wassalam tentang sahabat Abu Lutbiyyah yang diberi amanah sebagai pengumpul harta zakat.

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari tersebut disebutkan bahwa Abu Lutbiyyah menyerahkan  harta zakat dan memisahkan hadiah yang diberikan penduduk  kepadanya ketika bertugas mengumpulkan zakat. "Ini hadiah untuk saya," kata Abu Lutbiyyah.

Ustaz Rahmat melanjutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wassalam kemudian  mengomentarinya dengan bertanya, "Apakah jika Anda tinggal saja di rumah maka orang-orang akan datang kepada Anda memberikan hadiah itu?"

Jelasnya, pemberian itu berkaitan dengan tugas yang diberikan Nabi kepadanya. Maka Nabi pun mengumpulkan semua hadiah tersebut meski dihadiahkan kepada Abu Lutbiyyah. 

Dari hadis ini, Ustaz Rahmat memetik hikmahnya.

"Hikmah yang dapat kita petik dari hadis ini adalah sifat amanah. Nabi sejak awal memberi tarbiyah kepada para sahabatnya untuk menjaga sifat amanah. Dan itu kemudian  tertanam dalam diri Ibnu Lutbiyyah. Seandainya tidak ada sifat amanah pada diri beliau, maka dia tidak akan sampaikan tentang hadiah itu kepada Nabi shallallahu alaihi wassalam."

Ustaz Rahmat melanjutkan dengan mengajak para peserta mentadabburi beberapa ayat dalam Surah Alanfal yang dimulai dengan ayat 

 "Wadzkuru idzantum qalilan...."

"Ingatkah dulu waktu kalian masih sedikit, saat masih diremehkan lalu setelah itu Allah jadikan kalian lebih banyak. Lalu dalam beberapa pertempuran kalian diberi kemenangan. Lalu setelah itu mulai berdatangan kebaikan-kebaikan, rezeki terbuka, wilayah kekuasaan makin luas dan di dalamnya tanah luas yang subur," ujar Ustaz Rahmat menguraikan ayat-ayat tersebut.

Ustaz Rahmat melanjutkan, "Lalu Allah ingatkan, jangan mengkhianati Allah dan Rasul-Nya dan mengkhianati amanah kalian... Allah kembali mengulangi kata khianat ketika menyebut kata amanah," ujar Ustaz Rahmat.

Ia melanjutkan ayat setelahnya bahwa penyebab terbesar seseorang melalaikan amanah adalah harta dan anak keturunan.

Sifat amanah berat untuk digapai, lanjut Ustaz Rahmat. Tapi di mana ada beban maka di situ ada harga. Semakin berat amanah maka akan semakin tinggi derajat kemuliaan seseorang.

Dalam kesempatan itu pula, Ustaz Rahmat  menekankan pentingnya perencanaan.  "Kemampuan merencanakan harus dijadikan fokus. Dalam manajemen sulit melaksanakan kegiatan  kalau tidak direncanakan, apalagi jika berkaitan dengan penganggaran," kata Ustaz Rahmat.

"Buat perencanaan yang baik dengan mengacu pada hasil-hasil Mukernas baru-baru ini," pungkasnya.

Share Postingan :
Sebelumnya :
Selanjutnya :
Dengarkan Streaming Online

 Radio Wahdah

Dakwah - Pendidikan - Sosial - Kesehatan

Ormas Islam Bermanhaj Ahlussunnah Wal Jamaah

Profil


DPW Wahdah Islamiyah Sulsel

Jl. Antang Raya
Ruko Antang Business Center (ABC) No. 4
Kec. Manggala, Kota Makassar
Sulawesi Selatan 90234, Indonesia
Telp. +62 821-4777-1717
Makassar - Indonesia 90234
E-Mail : admin@wahdah.or.id